LIDA Seminar

Ini cerita #latepost, tentang salah satu pengalaman baru menjadi pembicara di seminar yang dihadiri >100 orang.

Tanggal 10 November 2016 lalu, berkesempatan jadi pembicara (selingan sih sbnrnya) di LIDA seminar. Sebenarnya ini adalah bagian dari seminar rutin LIDA. Kebetulan saat itu, ada Prof John Fox dari Oxford yang datang sebagai pembicara utama. Lalu Owen Johnson menyambut dan menjadi pembicara pertama. Karena kebetulan materinya terkait dengan risetku, jadilah aku pembicara kedua, diantara kedua pembicara hebat itu.

Judul seminar kali itu adalah “Process Analytics in Healthcare”.  Owen menjelaskan landasan dan pendekatan-pendekatan dalam memanfaatkan big data untuk menggali, memodelkan dan meningkatkan proses kesehatan. Aku melanjutkannya dengan penjelasan studi kasus process mining di oncology. Prof John Fox membungkusnya dengan penjelasan umum tentang AI yang menggabungkan data science dan knowledge management di kesehatan.

Nggak seberapa sih kalau itu dilaksanakan di Indonesia, dengan bahasa Indonesia dan dihadiri oleh orang2 Indonesia. Tapi.. ini seminar di University of Leeds, dalam bahasa Inggris, dihadiri oleh para peneliti, dosen dan mahasiswa dari berbagai negara asal. Deg2an aja nggak cukup, tapi puji Tuhan, terlewati dengan mulus. Masih harus terus meningkatkan kemampuan diri supaya lebih baik di kesempatan berikutnya (kalau ada). 🙂


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *